Orang Tua Bijak Siap Dampingi Belajar Anak Di Masa Pandemi Oleh Miratun Hasanah, S Psi., Psi.

Orang Tua Bijak Siap Dampingi Belajar Anak Di Masa Pandemi Oleh Miratun Hasanah, S Psi., Psi.

Jika dilihat dari pemahamannya, ketika siswa mampu memahami materi yang telah dipelajari. Pengguna media digital dan teknologi yang berlebihan Agen PAY4D justru membuat produktivitas kerja anak semakin berkurang. Anak akan lebih menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial.

Selain itu, jika ada kesulitan atau hambatan dalam mendampingi anak, disarankan tidak ragu untuk berdiskusi dengan guru. Meskipun berada di rumah, aktivitas sekolah on-line tidak dapat dikatakan mudah. Faktanya, anak-anak perlu belajar 6-7 mata pelajaran setiap hari dari pagi hingga sore. Sebagian sekolah ada juga yang dikurangi menjadi 2-3 pelajaran per harinya. Waktu belajar secara online itu belum termasuk tugas seperti pekerjaan rumah dan ulangan yang perlu dipersiapkan sebelum kembali bersekolah untuk esok hari.

Tidak bisa disamakan bagaimana fasilitas dan akses belajar siswa di setiap daerah. Selain itu, orang tua juga harus bisa mengajak anak melakukan kegiatan kreatif yang menyesuaikan dengan materi belajar online. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing untuk meminimalisir persebaran Covid-19.

Bahkan para pelajar yang mulai mencoba bisnis online kecil-kecilan untuk mendapatkan uang jajan sekaligus memupuk pengalaman selama masa pandemi berlangsung. Selama di rumah tentu saja pasti merasa seperti kekurangan sesuatu ketika sedang belajar atau bekerja. Tidak semua orang memiliki fasilitas yang lengkap untuk memenuhi keterbatasan tersebut, sehingga orang-orang mulai jenuh akan hal tersebut.

Mengatasi rasa bosan terhadap anak-anak ketika sekolah online

Bagi siswa, gagasan merdeka belajar bisa dielaborasi dengan melibatkan diri dalam occasion pendidikan di luar pembelajaran daring kelas online. Mindset bahwa belajar itu semata-mata hanya aktifitas di dalam kelas, itu harus digeser. Karena itu, ketika ada event pendidikan, entah itu kompetisi atau yang lain, seharusnya ini tidak disia-siakan.

Leave a Reply