Lindungi Kesehatan Jiwa Anak Dan Remaja Saat Masa Pandemi Covid

Lindungi Kesehatan Jiwa Anak Dan Remaja Saat Masa Pandemi Covid

Sebagai panduan Anda bisa mencetak sebuah huruf dengan font besar di atas kertas dan meminta anak Anda untuk membuatnya di kotak pasir mainan tersebut. Berikan pada anak untuk membuat bangunan, apakah bentuk menara atau lainnya. Hal ini akan membantu anak berkonsentrasi dan menenangkan anak yang rewel. Gunakan kapur berwarna untuk membuat pola target Kong4D dan juga garis batas pemain, lalu spons basah sebagai ganti anak panah. Dijamin, anak akan asyik bermain dan Anda tak perlu khawatir anak akan terluka karena permainan darts yang ini tidak menggunakan benda tajam. Di waktu luang ini, kumpulkan semangat Anda untuk membersihkan rumah.

Rutin berolahraga sambil berjemur baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak serta memperkuat tulang dan daya tahan tubuhnya. Ingat, walaupun hanya di rumah, usahakan agar Si Kecil tetap aktif bergerak supaya tubuhnya sehat dan terhindar dari obesitas. Mengajak anak menonton film kesukaannya juga bisa menjadi solusi agar anak tidak bosan di rumah. Sembari menemani Si Kecil menonton movie, Bunda dapat mengajarinya hal-hal baik yang bisa dipetik dari movie tersebut.

Saat anak merasa bosan belajar selama SFH, mungkin mereka akan diam saja selama mengikut pelajaran. Coba Bunda cari tahu, mengapa anak bosan sampai tidak aktif di kelas daringnya. Bermain puzzle juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi anak bosan di rumah selama social distancing. Menyusun kepingan puzzle memang dapat melatih fokus otak dan mengasah ketelitian dengan baik.

Tapi tenang saja, meskipun dirumah saja ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak-anak mereka tidak bosan saat menjalankan PPKM. Seperti membuat lava lamp di rumah, mempelajari fase bulan menggunakan oreo, ataupun membuat tulang daun. Kegiatan ini tentu menyenangkan untuk dilakukan selama berada di rumah.

Nantinya, anak bisa melemparkan bola pada target gelas yang menggantung dari jarak tertentu. Disarankan untuk membuat lintasan di ruang yang sedikit luas, seperti halaman atau ruang keluarga. Hal ini bertujuan agar anak tak cepat bosan untuk menjelajahi trek tersebut.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Pastikan areanya cukup luas agar anak tidak cepat bosan menjelajahi trek mobil tersebut. Anda sekarang memiliki banyak waktu untuk mencari hobi baru yang menyenangkan. Jika Anda ingin hobi yang lebih rileks, bisa mencoba merajut atau bermain musik. Buat Anda yang punya jiwa petualang, bisa mencoba hobi fotografi maupun hobi bercocok tanam. Kakak mau nanya nih, sebenarnya kamu tuh dalam satu hari, berapa jam sih belajar? Belom lagi kalo kamu yang ngga langganan ruangbelajar, pasti ditambah berjam-jam lagi buat les di luar.

Bahkan tak sedikit pula yang merasa stress akibat tugas yang susah dikerjakan. Sebagian siswa, begitu juga orang tua telah banyak sekali mengeluh jenuh dan bosan dengan aktifitas yang dinilai terbatas tersebut. Tak sedikit juga siswa mulai merasakan penurunan semangat belajar hingga stress. Sebelum mengajak si kecil pergi, pastikan tempat yang akan dikunjungi tidak ramai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Maret 2020, kasus pertama Covid-19 mulai terkonfirmasi di Indonesia. Sejak itu, pandemi membuat masyarakat harus berada di rumah dan beraktivitas di rumah saja. Dan menurut Lynn, saat kita mulai melamun, kita mulai membayangkan dunia yang kita inginkan, atau kita akan muncul dengan ide-ide baru dan menarik. “Tugas kita adalah memastikan bahwa anak memiliki cukup banyak pilihan untuk dilakukan, yang mungkin berupa perlengkapan seni, atau perlengkapan berdandan, atau kesempatan untuk keluar dan bermain,” kata Lynn. Akan tetapi, bila kondisi ini berlangsung lama, misalnya berbulan-bulan atau bertahun-tahun, kebosanan yang terus menerus, bisa memengaruhi emosinya, misalnya anak mengalami kecemasan dan merasa tertekan. Ini juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi kecemasan, jika memang anak mengalaminya.

Tips di atas dapat menjadikan mereka terbiasa dengan jadwal yang baru dan mendapatkan suasana yang mirip dengan sekolah. Berikan mereka sesi untuk menelpon teman-teman mereka juga di waktu istirahat. Laporkan sesi belajar tersebut ke guru dengan cara yang menyenangkan pula, seperti merekamnya di video. Orang tua juga bisa ajak anak membantu di dapur untuk sesi makan siangnya. Jadi, selagi mereka mengerjakan tugas, kita dapat mengerjakan pekerjaan seperti biasa.

Leave a Reply