Kapan Bayi Boleh Berenang?

Kapan Bayi Boleh Berenang?

Pilih pelampung dengan diameter yang lebih besar sekitar 5 cm daripada lingkar dada anak. Dengan begitu, anak tidak akan merasa sesak saat memakai pelampung ini. Selain memberikan permainan selama berenang, cara lain yang dapat orangtua lakukan untuk menumbuhkan antusiasme anak adalah memperlihatkan movie animasi tentang berenang. Cara ini cukup efektif memberikan pengertian pada anak bahwa berenang memberikan hal positif bagi tumbuh kembangnya.

Menjelaskan dengan realistis dapat membantu membangun kepercayaan si kecil, sekaligus membuatnya tidak merasa diboohongi apabila situasinya tidak berjalan sesuai rencana. Menjelaskan tujuan disertai dengan bahasa yang nyaman di telinga anak akan lebih membantunya untuk mampu meredam ketakutan dan kecemasannya. Selain olahraga yang bagus, berenang juga punya manfaat besar dalam kehidupan. Misalnya kamu bisa semakin menikmati liburan di danau dan pantai, kan gak asik mati gaya di tepian. Selain itu berenang merupakan cara survival jika terjadi insiden tak diinginkan seperti banjir atau jatuh ke laut/sungai/danau.

Jika berencana memasukkan si kecil ke tempat les renang, pilih tempat les yang terlalu ramai, sehingga anak lebih fokus dalam berlatih. Salah satu penyebab timbulnya Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 rasa takut air ialah kekhawatiran akan tenggelam. Hilangkan kekhawatiran dengan mengajarkan dasar-dasar keselamatan, jika terjadi kondisi darurat.

Cara agar anak tidak takut berenang

Si Kecil tidak akan bisa mengatasi ketakutannya apabila ia tidak mencoba untuk menghadapinya. Ayah dan Bunda bisa melatihnya untuk lebih sering bersosialisasi (memasukkannya ke kursus atau lebih sering mengajaknya bermain dengan teman-teman dan lainnya). Menghindari sumber ketakutan hanya akan menjadi solusi sementara, namun cara tersebut tidak akan membantu Si Kecil mengatasi ketakutannya dengan efektif. Pasangkan jaket pelampung pada anak saat naik speed boat untuk menuju pulau dan bermain di tepi laut. Pelampung jaket ini sudah bisa digunakan oleh anak berusia 1 tahun hingga 6 tahun. Ukuran sabuk pengamannya umumnya bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh anak.

Tipe pelampung ini sangat populer karena memiliki banyak model seperti mobil, flamingo, dan sebagainya. Pelampung ini cocok digunakan dalam posisi air yang stabil seperti di kolam renang yang tenang. Kita harus cari tahu dulu nih apakah si Kecil termasuk anak yang takut air atau tidak. Kalau misalkan iya, coba ajak dia untuk berenang di Baby Spa terlebih dahulu. Biarkan dia mengenal air dan renang di situ dua atau tiga kali, baru deh diajak ke kolam umum, step-by-step aja Moms.

Leave a Reply