Mahasiswa Stiki Malang Buat Permainan Lets Play Together, Bermain Sambil Beri Edukasi Pada Wanita

Mahasiswa Stiki Malang Buat Permainan Lets Play Together, Bermain Sambil Beri Edukasi Pada Wanita

Saking serunya, kalangan remaja dan orang dewasa juga banyak yang tertarik memainkan Jenga. Jadi, wajar jika anak-anak lebih suka bermain daripada belajar dengan serius. Ini hanya bisa ditemukan didaerah karena saat ini sudah jarang yang memainkan pletokkan. Permainan ini terbuat dari bambu yang kuat agar tidak gampang pecah. Setelah itu bambu dibagi menjadi dua kemudian buat peluru menggunakan kertas yang dilitikan dan dibuat seperti bola.

Beberapa permainan yang memberikan permainan sambil belajar

Kalian dapat memenangkan permainan ini dengan menyusun berbagai kosa kata yang telah disediakan dengan benar. ABC 5 Dasar merupakan permainan lawas yang hingga kini masih seru untuk dimainkan, baik oleh anak-anak maupun kalangan orang dewasa. Dalam praktiknya permainan ini tidak membutuhkan alat khusus melainkan jari-jemari sebagai media penentuan huruf yang nantinya terpilih untuk dijadikan patokan jawaban.

Orang tua dapat menemani anak bermain motorik kasar sambil mengenalkan pengetahuan tertentu sesuai tema permainan. Misalnya bermain lompat tali, engklek/sunda manda, menirukan gerak binatang, tebak gerak, dan lain-lain. [newline]Selain melatih motorik kasar, permainan ini dapat melatih imajinasi dan kreatifitas anak. Pemahaman dan pengetahuan dapat dikenalkan dengan bermain menggunakan gambar, misalnya mengenal warna, mengenal nama benda, mengenal nama-nama dalam keluarga, dan sebagainya, sesuai tema gambar. Misalnya bermain dengan kartu bergambar, mewarnai gambar, menggambar/melukis, bermain dengan buku aktifitas, dan lain-lain.

Dengan permainan mengenal bentuk, mereka bisa belajar mengenal dan menemukan perbedaan dalam bentuk dua dimensi. Anda bisa memilih permainan cell mengenal bentuk yang dilengkapi dengan berbagai kuis. Selain mengenal bentuk, pilihlah sport yang memberikan mereka pengetahuan tentang klasifikasi bentuk sesuai dengan pola yang diberikan. Ada juga permainan anak yang memperkenalkan dunia hewan dari nama, gambar, hingga suaranya. Biasanya permainan ini tersedia secara free of Agen Bola Online charge di pusat pengunduh aplikasi Android maupun iOS.

Menurut Bardige, “Beberapa anak akan menemukan huruf ‘P’ pada rambu parkir ketimbang sesuatu yang berbentuk huruf P, namun itu tidak apa-apa, kok. Anda bisa menjadikannya sebagai patokan dan mencari berbagai contoh huruf yang menarik bersama.” Begitu seluruh abjad ketemu, cetak foto-foto itu, tempelkan di buku khusus. Mainan edukasi yang satu ini tampil menarik dengan bricks yang memiliki berbagai warna dan bentuk. Selain itu, dengan menyusun mainan ini, koordinasi antara tangan dan penglihatan anak Anda pun akan makin meningkat. Puzzlo merupakan permainan kartu edukasi berbentuk lingkaran dengan warna-warna yang cantik. Belajar sambil bermain pun dapat menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak Anda.

Mereka tengah berada di ruang kelas kecil yang dindingnya terbuat dari bambu di desa Bikoen—sebuah desa di area pegunungan. Permainan yang tersedia dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar suatu materi. Dalam Edugame, terdapat beragam gim interaktif yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran siswa.

Lebih seru lagi, sebelum bermain, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk mewarnai atau menghias botol-botol tersebut agar permainan menjadi semakin menyenangkan. Jenis permainan ini sangat bagus untuk melatih koordinasi motorik, sekaligus mengajak Si Buah Hati belajar sambil bermain tentang pengurangan setiap ada botol yang jatuh terkena bola. Ketika bermain dengan kertas, orang tua harus mengamati, terutama untuk penggunaan benda tajam atau benda yang bisa membahayakan anak, misalnya penggunaan gunting dan lem.

Tentu saja, Anda perlu memilih mainan yang disukai anak Anda agar ia bisa menikmati waktu bermainnya dan tidak merasa terpaksa. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, proses pembelajaran terhadap siswa pun perlu untuk dikembangkan. Gamifikasi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan elemen permainan. Topik selengkapnya dibahas dalam Webinar Series Fakultas Teknologi Informasi bersama dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha dengan judul “Gamification for Learning”. Penyelenggaraan webinar pada tanggal 9 Juli 2020 ditujukan kepada guru Sekolah Kristen Yahya dan Binaan Bebras, sedangkan tanggal 10 Juli 2020 ditujukan kepada Yayasan BPK Penabur. Memilih mainan anak pada usia ini, sebaiknya mendukung proses anak mengenali lingkungan sekitar.

Leave a Reply