8 Penyebab Bayi Anda Sering Rewel Atau Menangis, Apa Saja?

8 Penyebab Bayi Anda Sering Rewel Atau Menangis, Apa Saja?

Bersihkan dengan kain flanel dengan ujung telunjuk setiap anak selesai makan dan juga sebelum tidur. Jika gigi sudah terlihat menonjol, penggunaan pasta gigi bisa membantu membersihkan gigi dengan lebih seksama. Hindari juga memberikan minuman manis lewat botol atau cangkir karena gigi akan terendam cairan gula dalam waktu lama dan berpotensi mengganggu pertumbuhan gigi. Menjadi orang tua membuat Moms harus siap terbangun di malam hari akibat si kecil yang rewel dan tidak mau tidur, tapi terkadang Moms tidak tahu apa penyebab bayi rewel di malam hari. Bayi yang rewel di malam hari merupakan hal yang biasa terjadi, terutama bagi bayi yang baru berusia beberapa minggu hingga di bawah satu tahun.

Selain itu gel khusus untuk pertumbuhan gigi juga bisa jadi senjata agar anak rewel tumbuh gigi ini bisa mereda. Hindari gel yang mengandung choline salicylate atau benzocaine. Cara terakhir adalah berkonsultasi dengan dokter tentang penanganan yang efektif mengingat setiap anak memiliki pengalaman dan penanganan rasa sakit yang berbeda. Atau bisa jadi ada hal lain yang mempengaruhi perkembangan gigi yang luput dari perhatian orang tua. Tentunya, ini membuat ibu khawatir, karena mengira bayi mengalami gangguan kesehatan yang berbahaya. Padahal, bisa jadi bayi hanya mendapatkan gejala tumbuh gigi saja.

Umumnya kolik adalah sesuatu yang wajar, namun bila disertai mencret, muntah-muntah, perut kembung, dan bayi rewel terus, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk diperiksa. Tanpa disadari, manfaat pijat bayi juga dirasakan oleh otak si buah hati. Pengalaman baru akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh dan kembang otaknya.

Cara ini sangat baik untuk menghangatkan perut bayi dan membantu perut bayi bisa kembali seperti semula. Bahkan membantu bayi sering buang angin sehingga tidak kembung. Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan menggosok perut bayi dari arah punggung ke pusar. Kemudian berikan tekanan yang sangat lembut ketika akan mendekati pusar.

Untuk masalah panas, bayi dikatakan demam bila suhu tubuhnya di atas 38°C. Kalau masih kedinginan, coba ukur suhu tubuh bayi dengan Slot Gacor termometer. Untuk empeng, meski sebenarnya tidak disarankan, namun dalam keadaan bayi yang begitu rewel, dapat ditawarkan.

Cara agar anak tidak rewel karna tidak bisa keluar

Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera bersihkan telinganya atau bawa ke dokter. Chief of Medical Halodoc, dr Irwan Heriyanto, mengatakan, kesehatan mental pada anak masih kerap terabaikan karena gejalanya yang tidak mudah untuk dikenali. “Sebagai orang tua, Anda bisa mulai mengajak anak untuk berbicara tentang apa yang mereka rasakan dalam membantu menjaga kesehatan mental mereka,” ujar Heriyanto. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bagi setiap orang tua, kesehatan anak tentu menjadi prioritas. Selain ancaman penyebaran Covid-19, anak-anak juga masih rentan terpapar penyakit lainnya yang membuat orang tua harus berkonsultasi dengan dokter.

Memijat bayi juga bisa mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman kalau bayi mengalami masalah pencernaan atau saat giginya mau tumbuh. Cobalah pakaikan baju yang longgar dan nyaman untuk buah hati. Kalau demam tidak kunjung turun, Bunda bisa memberikan penurun panas yang cocok untuk bayi sesuai anjuran dokter. Bunda direkomendasikan selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan obat. Namun, Bunda tidak perlu terlalu khawatir jika kerewelan buah hati masih dalam tahap regular. Untuk mengatasinya, sebaiknya Bunda mengetahui beberapa hal berikut yang mungkin menyebabkan buah hati rewel setelah si bayi disuntik.

Buah dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas akan membuat gusi anak yang gatal jadi nyaman. Bila perlu, berikan obat penghilang rasa sakit untuk anak-anak , jika bayi Anda sudah berusia di atas 3 bulan. Selalu baca instruksinya sebelum Anda memberikan obat pada Si Kecil. Pijat perutnya dengan lembut untuk membantunya mengatasi rasa sakit. Mengayun-ayunkan atau mengajaknya jalan-jalan mungkin bisa membantu. Sebab, mungkin saja posisi yang sering dilakukan membuatnya tidak nyaman.

Karena itu, bayi ASI yang mungkin BAB hanya sekali dalam seminggu merupakan hal regular, Bunda. Sangat penting untuk tetap konsisten pada perubahan makanan yang dikonsumsi si Kecil agar tubuhnya bisa beradaptasi perubahan dengan baik. Si Kecil yang sedang mengalami konstipasi bisa diberikan enema sebelum ia tidur. Namun Ibu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan si Kecil enema.

Bawang memiliki sifat antibakteri dari kandungan belerangnya, yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang akan bertindak sebagai pemicu untuk mengeluarkan lendir dan membersihkan hidung. Dokter tentunya dapat menemukan penyebab alergi dari hal atau makanan tertentu yang tidak dapat dicerna oleh bayi.

Leave a Reply