7 Suggestions Menangani Anak Malas Belajar Tanpa Memarahinya

7 Suggestions Menangani Anak Malas Belajar Tanpa Memarahinya

Mencari cara mengajari anak untuk mau belajar tanpa harus memaksa memang menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Patokan kecerdasan anak yang dibangun oleh masyarakat sering kali membuat orangtua mau tidak mau memaksa dan menuntut agar anak rajin belajar. Lingkungan rumah juga harus kondusif dan mendukung anak untuk belajar. Orangtua bisa menyediakan satu ruangan atau tempat khusus di rumah untuk anak belajar dengan kursi dan meja yang nyaman.

“Jangan malas untuk belajar karena ilmu adalah harta yang bisa kita bawa ke mana pun tanpa membebani kita.” “Jangan takut salah ketika menuntut ilmu karena banyak orang sukses belajar dari sebuah kesalahan.” Jangan pernah berhenti membaca untuk anak anda, karena dengan begitu, anak anda akan lebih hapal akan apa yang anda bacakan dan bisa tirukan dengan membaca ulang maupun menulis apa yang anda katakan. Jika Anda melihat anak sudah bisa menuliskan huruf dengan jelas, Anda bisa meminta anak untuk menulis huruf tunggal. Anda bacakan hurufnya dan mintalah anak untuk menuliskan huruf tersebut. Anda pasti mengerti kenapa anak balita sulit sekali membuat huruf.

Sebagian siswa, begitu juga orang tua telah banyak sekali mengeluh jenuh dan bosan dengan aktifitas yang dinilai terbatas tersebut. Tak sedikit juga siswa mulai merasakan penurunan semangat belajar hingga stress. Mudah-mudahan informasinya berguna untuk mendidik anak yang malas belajar ya, Bu. Mendesain ruang belajar agar tampak lebih nyaman dan menarik, sebenarnya bukan perkara yang sulit. Misalnya secara sederhana, Anda bisa mulai menambahkan dan melengkapi keperluan yang dibutuhkan untuk belajar di dalam ruangan khusus untuk belajar ini.

Cara agar anak mau belajar dengan baik

Kita menyediakan hadiah secara konsisten dan perlu meningkatkan nilai pemberian dalam kurun waktu tertentu atau mereka tidak mau belajar. Akhirnya semua kontra dan metode pemberian hadiah pun bisa kita lihat di sini. Bila mereka tidak mendapatkan insentif, maka mereka tidak mau belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah sama sekali. Suatu karakter buruk yang bisa menyulitkan dia pada saat memasuki dunia kerja.

Beritahu anak untuk mencoba menyelesaikan apa yang dikerjakan. Holt mengambil contoh pendidikan di Summerhill School, Inggris, pada 1921. Neill, sekolah itu dibangun dengan prinsip dasar tidak ada keterpaksaan dan aturan mandiri yang demokratis. Ketika anak sekolah, kegiatan belajar berlanjut dan menuntut anak untuk pandai membaca maupun menghitung. Betul, tak bisa dipungkiri hal ini merupakan bagian dari persyaratan masuk sekolah yang berjenjang.

Jika memungkinkan, pertahankan pola tidur, waktu makan, dan istirahat yang konsisten. Ini akan membantu mendukung konsentrasi dan tingkat energi anak,” kata Quigley. Belajar saja tidak cukup – anak perlu memahami dirinya sendiri yang sedang belajar untuk mengetahui sejauh mana ia berkembang dalam bidang bakat yang ditekuninya. Ayah Ibu dapat Situs Judi Slot mengajak anak mengobrol tentang kegemaran dan minatnya saat ini, dan bagaimana anak ingin mengembangkan apa yang digemarinya sekarang di kemudian hari. Jika anak kesulitan menjawab, Anda bisa memberi waktu anak untuk berpikir. Misalkan, kalau mereka mendapatkan nilai A untuk mata pelajaran tertentu, mereka akan memilih mainan di toko.

Leave a Reply