7 Ideas Mengoptimalkan Tiktok Untuk Bisnis

7 Ideas Mengoptimalkan Tiktok Untuk Bisnis

Rata-rata pengguna TikTok membuka aplikasi ini sebanyak 8 kali dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok termasuk sosial media yang sering dibuka. Mempromosikan produk di TikTok dengan konten yang menarik dan hashtag yang sesuai bisa membuat produk atau brand mu dilihat banyak orang.

Tiktok memberikan dampak baik bagi usaha bisnis

Untuk rentang usia sendiri, saat ini pengguna TikTok di dominasi dari umur tahun. Untuk Anda yang ingin menjangkau market di TikTok, Anda perlu benar-benar memahami terlebih dahulu cara kerja platform ini. Anda dapat menerapkan strategi advertising di TikTok yaitu hashtag challenges, person generated content, conventional influencer advertising, dan TikTok Advertising seperti penjelasan dalam artikel ini. Hal ini tentu bisa menjadi kabar gembira para pebisnis yang kesusahan menjangkau market TikTok. Dengan fitur iklan di TikTok, pebisnis menjadi lebih mudah untuk mempromosikan bisnis mereka di platform ini. Menurut Data Reportal, di tahun 2021 terdapat 689juta pengguna TikTok aktif.

Selain itu strategi digital advertising untuk B2B yaitu untuk lebih meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda, Sebagai contohnya jika bisnis jasa memiliki akun Instagram. GALAMEDIA – Platform TikTok menyelenggarakan program pendidikan gratis bagi pelaku bisnis dalam negeri bertajuk #MajuBarengTikTok. Hingga detik ini, pengguna TikTok telah mencapai 500 juta pengguna dan Indonesia menjadi salah satu negara dengan pemakai TikTok terbanyak. Anda bisa mencoba melakukan strategi bisnis TikTok untuk mengembangkan usaha. “Pertamina melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil memfokuskan peningkatan literasi digital melalui program pembinaan UMK Academy dengan mengusung kurikulum Go Digital dan Go Online,” ungkap Arya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, keberhasilan promosi produk di media sosial dimulai dari mengetahui goal pasar yang tepat.

Tiktok ini sangat memberikan dampak yang sangat abgus untuk sebuah bisnis. Bagikan sebuah wadah yang sangat potensial untuk mempromosikan suatu produk. Terutama bagi kamu yang punya usaha targetnya adalah anak remaja, apliaksi ini adalah tempat paling efektif untuk menjangkau mereka dan snagat tepat sasaran. Jangkuannya menajdi lebih luas dan dibungkus dengan berbagai fitur pendukung yang membuatnya semakin menarik.

Sejumlah peserta terpilih akan mendapatkan bantuan finansial berupa saldo iklan TikTok Ads. TikTok menyediakan 10 kelas on-line free of charge untuk pelatihan pemasaran digital, konten kreatif. Jakarta – TikTok meluncurkan program terbaru untuk usaha kecil dan menengah serta industri kecil dan menengah melalui pelatihan bisnis digital di #MajuBarengTikTok. Dengan konten yang sangat relevan bagi pasar yang mereka targetkan, tak aneh jika platform TikTok yang dikelola oleh Gymshark mengumpulkan banyak sekali penonton. Facebook, Twitter, Google+, Instagram, merupakan tempat bagi produk atau bisnis Anda bisa dibicarakan banyak orang. Maka itu, sebaiknya hindari hal-hal yang bisa mencoreng citra positif model Anda.

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa TikTok kini menjadi platform paling viral yang beredar di internet saat ini. Terbukti dengan banyaknya testimoni dan bintang yang di dapatkan di App Store dan Google Play. Anda dapat bekerja dengan influencer untuk menyebarkan konten ke audiens pada TikTok agar lebih luas. Dengan market TikTok yang kebanyakan didominasi oleh anak-anak muda dengan konten-konten ringan, pemilik bisnis juga bisa masuk ke dalam market TikTok yang dapat menguntungkan dalam mempromosikan bisnisnya. Satu hal yang menjadi perubahan yang besar dalam pertumbuhan popularitas platform ini adalah jenis videonya sekarang semakin beragam. Video yang awalnya kebanyakan berisi musik sekarang sudah banyak para influencer atau ahli dibidang tertentu yang membuat TikTok untuk memamerkan keahlian mereka seperti penari, ahli kecantikan, penggemar kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Di saat yang sama, ekosistem UMKM juga berkembang dan para pelaku sangat engage di dalamnya. Dengan bantuan TikTok, para pelaku bisnis di skala apapun bisa menjangkau pasar yang lebih luas. “Faktanya, penjualan bisnis on-line dipertimbangkan lebih stabil ketimbang bisnis secara offline. Dari sekian Kong4D banyak UMKM yang telah diriset, 23% fokus mereka saat pandemi adalah terjun ke digital untuk meningkatkan penjualan. Sayangnya, mereka tidak memiliki informasi yang cukup untuk menavigasi produk-produk secara digital. Edukasi tentang pemasaran secara digital menjadi amat penting untuk melancarkan usaha mereka”, tambahnya.

Hal ini dikarenakan uniknya konten video singkat yang dihadirkan di komunitas TikTok yang memberikan beragam kesempatan dan peluang bisnis juga, terutama bagi para pembisnis dan usaha termasuk UKM. Oleh karena itu, TikTok melihat bahwa platform miliknya tersebut bisa digunakan untuk menargetkan pasar dan konsumen yang lebih efektif pemasarannya, terutama jika dibarengi dengan kreavititas dalam beriklan. Saat ini dunia digital tengah ramai dengan fenomena platform social media bernama TikTok yang tengah naik daun.

Leave a Reply